Banyak orang yang menganggap SEO hanya pekerjaan yang dilakukan 1 kali selama umur website.
Namun Tidak demikian.
SEO adalah proses yang berkelanjutan. Seorang pemilik website harus terus mengamati kinerjanya di website mereka sambil melakukan usaha-usaha untuk memaksimalkan SEO.
Tapi kita saat ini dalam kondisi buta.
Untuk bisa melakukan optimasi, anda harus tahu apa saja yang terjadi di website anda…
…Seperti apa angka yang muncul, apakah terjadi kenaikan atau penurunan performa.
Tanpa mengetahui angka-angka yang relevan, kita sama sekali tidak akan tahu apa yang perlu dibenahi dan apa yang sudah baik.
Maka dari itu, ikuti panduan ini agar anda bisa selalu mendapatkan kinerja SEO yang maksimal.
Hal-hal yang sudah harus anda ketahui (dan lakukan):
Karena penilaian merupakan proses terakhir dalam SEO, anda harus sudah terlebih dahulu melakukan ini:
- On-page SEO: Optimasi halaman website
- Off-page SEO: Membangun link dan popularitas
- Prinsip content marketing dalam SEO
(3 panduan di atas adalah bab-bab sebelumnya dalam seri panduan SEO ini)
Setelah itu barulah anda siap ke langkah pertama.
1. Integrasikan Search Console dan Google Analytics
Meskipun banyak orang mengatakan kedua tool ini tidak wajib, tapi bagi seorang praktisi SEO yang serius keduanya harus anda gunakan.
Klik di sini untuk cara menginstall Google Analytics.
Setelah ter-install, masuk ke Search Console dan tambahkan website anda.
Tidak akan terjadi apa-apa dalam waktu singkat. Kedua tool ini membutuhkan waktu beberapa hari setelah terpasang karena baru akan mengumpulkan data.
Data-data tersebut akan digunakan untuk mengoptimasi lebih lanjut.
Kalau website anda punya sitemap dalam fomat .xml, lakukan submit ke Search Console sekarang untuk mempermudah Google dalam membaca situs anda.
2. Lakukan crawling dengan alat bantu
Crawling adalah proses yang dilakukan oleh mesin pencari untuk menjelajah halaman-halaman website sambil mengumpulkan informasinya.
Kita akan meniru proses ini.
Tujuannya adalah untuk mengetahui gambaran besar dari website anda.. apakah terjadi error, apakah ada broken link, duplikat internal, dan meta tag yang kosong.
Gunakan salah satu dari 3 tool ini:
ScreamingFrog merupakan yang fiturnya paling lengkap, tapi versi gratisnya hanya bisa melakukan scan untuk 500 halaman dalam sekali jalan. Sedangkan versi premiumnya $99 per tahun.
Dua alternatif lainnya setara tapi 100% gratis.
Masuk ke salah satu link di atas dan download software-nya, kemudian lakukan scan dan perbaiki apa yang salah dengan kinerja seo kita dengan kinerja seo kita.
Beberapa proses perbaikan dengan ScreamingFrog dibahas dalam panduan teknik SEO ini. Karena tampilan ketiganya mirip, anda bisa menerapkan panduan tadi untuk tool yang manapun.
3. Riset kata kunci lebih lanjut
Dalam seri panduan SEO ini sudah dibahas singkat terkait riset kata kunci yang akan digunakan dalam:
- Judul
- Meta description
- Konten
Tapi kalau anda memang berniat menjadikan mesin pencari sebagai sumber traffic utama, lakukan riset kata kunci yang lebih lanjut.
Cara melakukan riset keyword dibahas di sini.
Kalau anda mengikuti panduan di atas sampai akhir, anda juga akan menemui cara melakukan penilaian performa keyword.
4. Analisa performa konten
80% (atau lebih) dari sebuah halaman di website anda adalah konten. Jadi pengaruh konten terhadap Strategi SEO setidaknya adalah 80% dari keseluruhan hal yang anda lakukan.
Manusia suka mendapatkan konten yang memuaskan, sehingga mesin pencari akan memberikan peringkat yang bagus kepada konten yang memuaskan.