Nenek moyang suku Belide sudah sejak lama hidup sebagai petani dan berkebun,sehingga orang tua dulu dari suku Belide gemar dengan masakan khas atau makanan khas dengan beragam makanan dan masakan. Ada beberapa makanan khas orang Belide yang terkenal di antaranya:

Makanan Atau Masakan Tradisional Khas Belide

Pede Udang / ikan atau sering di sebut Pekasam

Pede-Udang-ikan

Untuk lauk-pauk yang di kenal dengan nama Pede (Jenis Pekasam),makanan lauk jenis ini dibikin dari ikan segar atau udang di aduk dengan nasi panas, diolah dan melaui proses secara khusus beberapa hari,sebelum bisa dimasak.

Gulai Belide

Gulai-Belide

Gulai Belide atau Gulai dusun,yang bahan-bahan sayuran nya dari pucuk daun-daun kayu yang didapat dari hutan atau pinggiran sungai dan hasil kebun.Jenis pucuk kayu misal:

  1. pucuk Lamiding,sempraak,pucuk pakis,pucuk kayu meribungan(=belide).
  2. pucuk daun kacang atau labu,pucuk kayu lainnya yang didapat dihutan,bunga kunyit,umbut (umbi) lengkuas.
  3. pucuk asam kandis atau buah asam kandis kering,sebagai pengganti asam jawa,terung perat(=belide),singkong dipotong kecil,bisa ditambah dengan ikan yang sudah diasapi (ikan kering asapan (salai)), tentu lebih nikmat.

Botok (Pabotok)

Botok-Pabotok

Untuk lauk-pauk yang di kenal dengan nama Pabotok(Botok),makanan lauk jenis ini dibikin dari ikan yang sudah membusuk dari hasil tangkapan yang tidak diolah dan tidak melaui proses secara khusus,namun langsung dimasak dan di beri bumbu masak saja.

Brengkes Ikan

Brengkes-Ikan

Lauk-pauk yang satu ini mungkin sering di jumpai di daerah lain yang dikenal dengan nama PEPES IKAN,namun sepertinya ada perberaan sedikit mengenai bumbu yang digunakan,(serupa tapi tak sama).

Brengkes terbuat dari ikan segar yang ditaburi bumbu khusus seperti: daun pucuk asam kandis,sedikit cabe dan kunyit yang sudah dihaluskan,garam secukupnya,bisa di tambah bumbu lainnya,seperti serai,dan bawang yang dihaluskan,setelah bumbu diaduk rata bersama ikan lalu dibungkus dengan daun pisang lalu dipanggang diatas bara api hingga matang.

Kue Mata Kerbau

Kue-Mata-Kerbau

Kue Mata Kerbau merupakan makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur pisang masak menjadi satu adonan,ditambah sedikit gula dan garam secukupnya,biasanya jenis pisang yang digunakan adalah jenis pisang Gedah atau pisang Awak atau pisang biji.

Makanan gorengan ini biasa disajikan untuk sarapan pagi hari pengganti sarapan nasi putih atau nasi goreng,bisa juga disajikan pada sore hari,untuk menemani secangkir kopi panas,sering disajikan bagi pekerja tukang rumah yang sedang bekerja borongan rumah misalnya,namun hal semacam ini bukanlah suatu keharusan.

Gomak

Gomak

Gomak adalah jenis kue yang terbuat dari bahan dasar singkong atau ubi kayu.

Singkong yang sudah di parut halus,di bentuk bulatan cekung,diisi dengan halusan gula merah yang sudah dicampur kelapa yang sudah diparut,lalu di goreng.(nah,..jadilah gomak)

Kagodo atau Kegodo

Kagodo atau Kegodo

Merupakan makanan ringan sama saja penyajian nya seperti kue Mata Kerbau atau Gomak.kue ini di bikin dari tepung terigu diadon dan diberi garam,penyedap rasa secukupnya,di tabur dan diaduk dengan irisan daun bawang dan udang segar ukuran kecil,lalu di goreng.

Gorengan semacam ini bisa di bikinkan kuah cuka seperti makanan Pempek Palembang agar lebih nikmat lagi.

Grenteng

Grenteng

Ada lagi jenis makanan ini,terbuat dari bahan dasar adonan tepung beras atau tepung terigu atau juga bisa diganti bahan dasar singkong yang di parut halus,diberi garam atau gula bila mau bikin jenis grenteng manis, bisa juga gula merah.Adonan singkong parut dan gula merah tadi,di panaskan ditekan2 di dalam wajan degan sedikit minyak goreng (bukan digoreng, supaya tidak melekat didasar wajan saja), lakukan hingga matang,lalu disajikan dan siap disantap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here