Di kalangan para online marketer terkenal ungkapan, “Content is king” yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai, “Konten adalah raja.” Sebagian orang mungkin bertanya-tanya mengapa Content Marketing begitu penting sampai-sampai disebut sebagai “raja”?
Konten menjadi sangat penting dalam dunia marketing online. Konten adalah apa saja yang bisa menyampaikan sebuah pesan kepada audiens. Tanpa konten, baik social media marketing maupun usaha SEO, tidak akan membuahkan hasil apa-apa. Coba bayangkan, Anda hanya membuat akun bisnis di Facebook atau Instagram tanpa merilis konten secara teratur. Tentu akun bisnis tersebut menjadi sia-sia. Begitu juga dengan website atau blog bisnis. Website atau blog yang tidak pernah di-update kontennya juga tidak akan membuahkan hasil apa pun di bisnis Anda.
Apa itu Content Marketing?
Content Marketing adalah pendekatan Marketing strategis yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian Content yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang jelas dan, pada akhirnya, untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan.
Alih-alih menawarkan produk atau layanan Anda, Anda menyediakan Content yang benar-benar relevan dan bermanfaat bagi prospek dan pelanggan Anda untuk membantu mereka memecahkan masalah mereka.
Terdapat dua elemen penting dalam content marketing. Pertama, konten harus memenuhi tiga syarat ini: penting, relevan, dan konsisten. Jadi, Anda tidak bisa sembarangan dalam membuat konten untuk content marketing. Konten harus memenuhi tiga syarat di atas. Anda harus membuat konten yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda mengelola bisnis fashion. Maka Anda perlu membuat konten yang berkaitan dengan fashion.
Relevan saja tidak cukup. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah konten tersebut penting atau tidak untuk diketahui target audiens. Buatlah skala prioritas berisi topik-topik yang relevan untuk target audiens. Urutkan dari yang terpenting hingga topik yang kurang penting.
Syarat yang terakhir adalah konsisten. Dalam content marketing, Anda tidak bisa mengandalkan satu konten saja untuk menarik perhatian audiens. Diperlukan banyak konten untuk akhirnya Anda bisa merasakan manfaat content marketing untuk bisnis Anda.
Elemen kedua dalam content marketing adalah mencapai tujuan untuk mengonversi audiens menjadi konsumen. Perlu diingat bahwa memproduksi konten untuk content marketing bukan hanya untuk menghibur audiens. Ada tujuan yang harus Anda capai, yaitu mengonversi audiens menjadi pelanggan. Jadi setelah mengonsumsi konten yang Anda buat, audiens tergerak untuk membeli produk atau layanan yang Anda jual.
Bentuk-Bentuk Content Marketing
Bentuk content marketing sangat beragam. Berikut adalah beberapa bentuk content marketing yang paling sering digunakan.
Blog
Blog merupakan bentuk paling fundamental dan paling penting dalam content marketing. Platform ini menjadi fundamental untuk content marketing bukan tanpa alasan.
Blog memungkinkan Anda untuk menuangkan ide dan informasi secara lengkap dalam satu artikel. Selain itu, konten blog merupakan investasi jangka panjang karena tingkat ketahanan konten blog adalah yang paling tinggi dibanding jenis konten lainnya. Menurut penelitian yang dilakukan Social Media Online Class, konten blog dapat bertahan hingga dua tahun lamanya.
Ebook
Terkadang Anda membutuhkan medium yang lebih panjang lagi dari artikel blog, Anda bisa memanfaatkan ebook. Ebook juga merupakan salah satu bentuk content marketing yang bisa Anda andalkan. Anda bisa membuat syarat untuk bisa mengunduh ebook Anda, orang harus memasukkan email terlebih dahulu. Jadi Anda bisa mendapatkan leads melalui ebook yang kemudian bisa Anda konversi menjadi konsumen di masa mendatang.
Video
Video juga salah satu jenis konten yang perlu Anda perhatikan untuk content marketing. Sebab video marketing dapat membuat pengunjung Anda menghabiskan waktu lebih lama di blog. Semakin lama waktu yang dihabiskan pengunjung di blog, semakin bagus pula nilai di Google. Menurut penelitian iMPACT, video meningkatkan organic traffic sebanyak 157 persen.
Email juga termasuk bentuk content marketing yang populer. Efektivitas email untuk tujuan marketing terbilang tinggi, yaitu 40 kali lipat lebih efektif dibanding Facebook dan Twitter. Bentuk konten dalam email marketing bermacam-macam. Dari email promosi, email pengingat shopping cart, newsletter, sampai promosi ebook.
Social Media
Social media juga termasuk bagian dari content marketing. Akan tetapi, karena terlalu luasnya pembahasan marketing di media sosial, media sosial memiliki cabang sendiri dalam dunia marketing, yaitu social media marketing.
Kesimpulan
Demikian penjelasan mengenai definisi content marketing beserta bentuk-bentuknya. Content marketing adalah teknik marketing masa kini yang perlu diterapkan oleh pemilik bisnis mana pun. Teknik marketing ini tidak hanya memiliki efektivitas tinggi untuk menarik konsumen, tetapi juga dapat bertahan untuk jangka waktu yang panjang.