Apa pun produk yang Anda belanjakan, Anda tahu bagaimana ulasan informatif dan berkualitas tinggi dapat berdampak. Ini sering dapat membuat perbedaan antara membeli produk dan meneruskannya untuk sesuatu yang lain. Kebanyakan orang tidak ingin mengambil risiko pada produk yang tidak mereka ketahui banyak, terutama ketika ada produk dengan ulasan yang memberi tahu mereka apa yang perlu mereka ketahui. Untuk alasan ini, banyak pembeli online mengandalkan ulasan produk untuk membantu mereka memutuskan apa yang harus dibeli. Itulah sebabnya Google merilis pembaruan ulasan produk baru pada bulan April yang memprioritaskan ulasan produk yang memberi konsumen informasi dan detail lebih lanjut, untuk membantu mereka membuat keputusan pembelian yang lebih tepat. Meskipun Google telah menyatakan bahwa memperbarui ulasan produk bukanlah pembaruan dasar, masih penting bagi Anda untuk berusaha memenuhi standar baru ini. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana Anda dapat memperoleh manfaat dari pembaruan ini, berikut adalah enam cara untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk memperbarui ulasan produk Google.
1. Tulis ulasan yang lebih panjang dan lebih informatif
Konten bentuk panjang cenderung berkinerja lebih baik daripada konten yang lebih pendek yang tidak cukup detail. Mesin pencari sering lebih suka konten yang lebih panjang, seperti halnya pengguna yang mendapat manfaat dari konten yang diteliti dengan baik dan mendalam. Jika Anda khawatir tentang peringkat situs web Anda, Anda mungkin sudah mencoba menyertakan informasi yang relevan sebanyak mungkin dalam konten Anda. Namun, meskipun itu adalah prioritas untuk Anda, ulasan produk Anda mungkin hilang. Sama seperti semua konten di situs web Anda, Anda ingin memberikan pengguna dan mesin pencari dengan ulasan komprehensif yang memberi mereka semua informasi yang mereka butuhkan. Dengan pembaruan ini, Anda tidak ingin melompat-lebihkan panjang komentar Anda. Tinjauan singkat yang hanya memberikan ringkasan singkat tentang produk tidak banyak membantu konsumen, dan mungkin juga tidak akan membantu peringkat Anda. Seperti yang dikatakan Google:
“… kita tahu bahwa orang menghargai ulasan produk yang berbagi penelitian mendalam, daripada konten tipis yang hanya merangkum sekelompok produk. Itulah sebabnya kami berbagi peningkatan dalam sistem peringkat kami, yang kami sebut pembaruan ulasan produk, yang dirancang untuk lebih menghargai konten ini.
Jika saat ini Anda hanya memiliki ulasan produk singkat di situs web Anda, luangkan waktu untuk mengembangkannya untuk memberi konsumen lebih banyak konten dan informasi.
2. Berikan deskripsi yang akurat
Tentu saja, memberikan deskripsi yang akurat tentang suatu produk adalah bagian yang diperlukan dari setiap tinjauan produk. Konsumen harus memiliki ide yang baik tentang detail fisik produk dengan membaca ulasan Anda. Agar lebih mudah, Anda juga dapat menyediakan konten tambahan berupa foto dan video yang menampilkan fitur fisik lebih dalam lagi. Selain menggambarkan produk, Anda juga harus menjelaskan bagaimana produk tersebut digunakan. Tidak semua produk akan membutuhkan banyak detail tentang cara menggunakannya, tetapi jika itu adalah sesuatu yang perlu diketahui konsumen untuk melakukan pembelian, itu harus dimasukkan. Bagaimana cara kerja produk ini? Dalam ulasan Anda, berikan konsumen jenis informasi ini. Meskipun ini mungkin termasuk pendapat Anda sendiri tentang kinerja produk, Anda juga harus memiliki informasi objektif dalam ulasan Anda. Konsumen perlu mengetahui semua data terkait kinerja yang relevan dengan produk tertentu untuk membantu mereka dalam penelitian mereka.
3. Tunjukkan bahwa Anda seorang ahli
Setiap kali Anda menulis konten, terlepas dari tujuannya, sangat penting untuk membiarkannya diketahui bahwa Anda adalah seorang ahli di lapangan. Ada banyak orang yang memberikan pendapat mereka secara online, tetapi itu tidak berarti mereka semua harus dapat dipercaya atau berasal dari tempat kebijaksanaan. Anda mungkin tahu bahwa Anda adalah ahli tepercaya, tetapi tidak semua orang tahu. Saat ini, orang-orang waspada mengambil saran dari orang asing secara online dan mungkin ragu untuk melakukan pembelian berdasarkan ulasan seseorang yang ne tampaknya tidak memenuhi syarat untuk memberikan satu. Sebagai bagian dari pembaruan ini, Google menentukan pentingnya menampilkan pengetahuan khusus dalam ulasan produk Anda. Dan kita sudah tahu bahwa keahlian pembuat konten adalah faktor E-A-T yang dipertimbangkan oleh evaluator manusia Google, sesuai dengan pedoman mereka. Ini harus pergi tanpa mengatakan bahwa jika Anda menulis ulasan tentang produk online, Anda harus memiliki pengalaman luas menggunakannya sendiri. Berikan konsumen pengalaman Anda menggunakan produk ini, memastikan mereka tahu Anda memberi mereka saran yang akurat, realistis, dan dapat diandalkan. Konteks apa yang Anda miliki yang membuat visi Anda tentang produk ini dapat dipercaya? Menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda dapat diandalkan dan bahwa Anda tahu apa yang Anda bicarakan dapat membantu memberikan lebih banyak berat badan untuk pendapat Anda.
4. Sertakan positif dan negatif
Penting bagi Anda untuk memberikan konsumen pendapat yang seimbang. Ketika Anda mencoba untuk menjual sesuatu, naluri Anda mungkin untuk daftar semua hal baik tentang hal itu dan menghilangkan potensi negatif. Termasuk kelemahan suatu produk mungkin tampak seperti Anda melakukan yang terbaik untuk meyakinkan konsumen bahwa mereka membutuhkan produk Anda, tetapi mungkin tidak efektif seperti yang Anda pikirkan. Untuk mulai membuat ulasan produk yang lebih baik, berikan positif dan negatif dari suatu produk. Anda ingin memberi orang ulasan yang akurat tentang suatu produk dan menjelaskan bahwa Anda jujur dalam deskripsi Anda. Orang-orang tahu kapan Anda hanya mencoba menjual produk kepada mereka dan tidak memberi mereka informasi untuk membantu mereka membuat keputusan mereka. Dalam pengumuman Google, mereka bahkan menyatakan bahwa Anda harus “mendiskusikan pro dan kontra dari produk tertentu.” Negatif tidak berarti produk Anda buruk, tetapi ada situasi di mana itu mungkin bukan pilihan terbaik. Mungkin ada produk lain yang akan melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan orang, dan mengarahkan mereka ke opsi lain ini akan meningkatkan peluang Anda untuk melakukan penjualan. Produk yang sempurna untuk beberapa orang tidak akan baik untuk semua orang, tidak peduli seberapa hebatnya itu. Tanpa mengetahui potensi kelemahan dari pembelian tertentu, konsumen tidak dapat membuat keputusan berdasarkan informasi.
5. Tunjukkan bagaimana produk berbeda dari yang lain
Tidak peduli apa yang Anda lihat, ada kemungkinan besar ada beberapa produk seperti yang tersedia di tempat lain. Karena ada begitu banyak produk di pasaran saat ini dan Anda dapat menemukan banyak opsi untuk semua yang Anda cari, Anda perlu menunjukkan apa yang membuat anda berbeda. Mengapa orang harus membeli produk ini daripada banyak orang lain seperti itu yang bisa mereka dapatkan? Tidak terserah konsumen untuk memutuskan mengapa satu produk adalah pilihan yang lebih baik daripada yang lain – itu adalah sesuatu yang perlu Anda katakan kepada mereka. Apa produk ini menyediakan bahwa orang lain seperti itu tidak dapat menawarkan? Jika Anda tidak menawarkan ulasan yang memberi tahu konsumen mengapa produk ini berbeda dari yang lain yang dapat mereka beli dengan mudah, Anda tidak memberi mereka banyak alasan untuk memilihnya. Ketika Mordy Oberstein menyelidiki menganalisis pemenang dan pecundang memperbarui ulasan produk, ia menemukan bahwa meninjau halaman dengan panduan pembeli cenderung mengungguli mereka yang tidak memilikinya. Bahkan jika suatu produk hanya memiliki beberapa perbedaan kecil yang membedakannya, Anda ingin menjelaskan bahwa ia memiliki sesuatu yang unik untuk ditawarkan. Perbedaan kecil dalam produk bisa menjadi apa yang dibutuhkan konsumen untuk memutuskan apa yang harus dibeli, jadi jangan mengabaikan apa pun yang dapat membantu membedakannya.
6. Bandingkan dengan edisi sebelumnya
Ketika edisi dan model baru keluar dari produk yang sudah ada, Anda harus mencatat dalam ulasan Anda bagaimana produk yang lebih baru berbeda. Tidak cukup untuk memberikan ulasan independen tentang edisi saat ini. Anda juga harus membandingkannya dengan yang sudah terjual. Ini mungkin tidak berlaku untuk semua produk yang Anda tinjau, tetapi sangat penting untuk memasukkannya bagi mereka yang berlaku. Beberapa konsumen mungkin meningkatkan dari model masa lalu dan ingin tahu apa yang ditawarkannya. Mungkin edisi sebelumnya hilang di daerah yang dikoreksinya. Apa pun perubahan yang terjadi antara tanggal itu dan hari ini, mereka harus jelas.
Dapatkan hasil maksimal dari ulasan produk Anda
Jika ulasan produk Anda saat ini tidak dioptimalkan untuk memperbarui ulasan produk baru Google, tidak ada alasan untuk panik. Seperti semua pembaruan pada algoritma Google, memperbarui ulasan produk bertujuan untuk memberikan hasil terbaik kepada pengguna. Dengan begitu banyak produk yang dapat dipilih, ulasan produk sangat penting bagi konsumen untuk membuat pilihan terbaik bagi mereka, jadi masuk akal bagi Google untuk memprioritaskan situs web yang berusaha memberi mereka ulasan produk yang terperinci dan seimbang. Memperbarui ulasan Anda untuk mencerminkan pembaruan ini mungkin memakan waktu dan memakan tenaga kerja, tergantung pada keadaan ulasan Anda saat ini, tetapi ada baiknya memberikan sesuatu yang lebih berharga bagi konsumen dan mesin pencari. Sumber daya lainnya